Perancangan Komik Strip Untuk Menghadapi Patah Hati Karena Putus Cinta Di Kalang Remaja
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v5i02.1134Kata Kunci:
komik, patah hati, komik digital, Line WebtoonAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat komik sebagai hiburan ketika remaja mengalami patah hati karena putus cinta. Aplikasi yang dipilih sebagai media publikasi adalah Line Webtoon. Komik yang dibuat adalah jenis komik strip. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Prosedural dengan sistematika perancangan yang terdiri atas define, research, ideate, prototype, select, implement, dan learn. Pembuatan komik juga dibantu dengan beberapa tools digital Paint tool SAI untuk proses gambar hingga pewarnaan sedangkan untuk pembuatan balon kata menggunakan aplikasi Corel draw. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Wawancara dan Kuisioner terhadap 38 orang. Hasil dari wawancara dengan psikolog dan juga pembaca menjelaskan bahwa komik berdampak positif sebagai hiburan dan mengurangi dampak yang dialami remaja pada saat patah hati dan secara efektif dapat digunakan sebagai coping dalam menurunkan rasa sedih ketika patah hati.
Referensi
L. A. S. Gunawan, “Problematika Jatuh Cinta: Sebuah Tinjuan Filosofis,†Logos, vol. 15, no. 2, pp. 1–30, 2018.
K. Rosyadi, Cinta & keterasingan. LKIS PELANGI AKSARA, 2015.
D. A. Ulfah, “Hubungan kematangan emosi dan kebahagiaan pada remaja yang mengalami putus cinta,†J. Psikol., vol. 9, no. 1, 2017.
I. P. A. Budiastrawan, “Kasus Bunuh Diri Meningkat di Jembrana, Faktor Putus Cinta Jadi Perhatian,†https://www.detik.com/. [Online]. Available: https://www.detik.com/bali/berita/d-6943960/kasus-bunuh-diri-meningkat-di-jembrana-faktor-putus-cinta-jadi-perhatian
P. P. Tyas, “Regulasi emosi pasca putus cinta pada remaja tahap akhir.†Universitas Muhammadiyah Surakrta, 2012.
M. S. Gumelar, Comic making: Membuat komik. An1mage, 2010.
R. Gora, S. Maryam, and M. F. Christianti, “Pelatihan Mendesain Storyboard untuk Produksi Iklan Visual pada Yayasan Rumah Gemilang Indonesia, Depok,†Empower. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 278–285, 2022.