Perhitungan Penilaian Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menerapkan Algoritma K-Means
DOI:
https://doi.org/10.32664/j-intech.v11i2.981Kata Kunci:
kepuasan pelanggan, algoritma K-Means, RapidminerAbstrak
Semua pelaku usaha berlomba-lomba mencari pelanggan sebanyak-banyaknya dan tentunya memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya dengan mempertimbangkan tingkat kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan secara lebih efektif dan memberikan informasi berharga bagi Jaya Fotocopy dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan kualitas layanan secara lebih detail. Mengelompokkan kepuasan pelanggan ke dalam kategori yang sesuai dengan manajemen pelanggan berdasarkan pola pembelian, waktu kunjungan, dan layanan yang diterima dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan untuk memastikan kepuasan pelanggan yang lebih baik menggunakan algoritma K-means. Hasil penelitian ini mengklasifikasikan kepuasan pelanggan dengan dimensi daya tanggap sebesar 76,32%, keandalan sebesar 91,10%, empati sebesar 90,11%, jaminan sebesar 92,09%, dan bukti nyata sebesar 93,08%. Sedangkan uji spesifisitas metode algoritma K-Means dapat mengklasifikasikan ketidakpuasan pelanggan dengan dimensi responsiveness 27.17%, realibilitas 19.11%, empati 19.00%, jaminan 19.50%, dan bukti nyata 20.29%. Dari hasil data yang diperoleh Jaya Fotocopy harus meningkatkan dimensi daya tanggap hanya mencapai 27,17%, Jaya Photocopy perlu memastikan bahwa layanan pelanggan lebih responsif terhadap kebutuhan dan permintaan pelanggan. Ini bisa mencakup peningkatan dalam waktu respon terhadap pertanyaan atau keluhan pelanggan dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah pelanggan dengan cepat. Selain itu, Jaya Photocopy juga harus melakukan analisis lebih lanjut untuk memahami penyebab ketidakpuasan pelanggan dalam dimensi daya tanggap, keandalan, empati, jaminan, dan bukti nyata. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah ini, langkah-langkah perbaikan yang lebih spesifik dapat diambil. Jaya Photocopy juga dapat meningkatkan komunikasi dengan pelanggan untuk mendengar masukan dan umpan balik mereka secara teratur alam mengetahui apa yang pelanggan harapkan.
Referensi
Andrean, R., Fendy, S., & Nugroho, A. (2019). Klasterisasi pengendalian persediaan aki menggunakan Metode K-Means. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 4(1), 5-12.
Al Atros, K. S. H. K., Padri, A. R., Nurdiawan, O., Faqih, A., & Anwar, S. (2021). Model Klasifikasi Analisis Kepuasan Pengguna Perpustakaan Online Menggunakan K-Means dan Decission Tree. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 323-329.
Anwar, S., Hikmawati, N. K., & Juliane, C. (2022). User Satisfaction Analysis of Paylater Services Using K- Means Algorithm in Campus. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3), 1262-1265.[]
Sutresno, S. A., Iriani, A., & Sediyono, E. (2018). Metode K-Means Clustering dengan Atribut RFM untuk Mempertahankan Pelanggan. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(3), 433-440.
Maulana, M. B., Slamin, S., & Juwita, O. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Agen Mastrip Jember Menggunakan Metode K-Means Clustering. INFORMAL: Informatics Journal, 2(2), 92-100.
Mensouri, D., Azmani, A., & Azmani, M. (2022). K-Means customers clustering by their RFMT and score satisfaction analysis. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 13(6).
Zunaidi, M., & Erwansyah, K. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Telkomsel Terhadap Sikap Pelayanan Caroline Officer Dengan Menggunakan Metode Algoritma K-Means Clustering. Jurnal Cyber Tech, 1(4).
Suryanata, M. G., Pane, D. H., & Hutasuhut, M. (2019). Implementasi Algoritma K-Means Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pelayanan Sekolah Studi Kasus Di Mts. S Nurul Amaliyah. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 2(2), 118-125.
Sinaga, S. M., Hardinata, J. T., & Fauzan, M. (2021). Implementasi data mining clustering tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Go-Jek. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 2(2), 118-124.
Masri, D., Apriyandi, A., & Harahap, B. (2022). Implementation of K-Means for Analysis of Factors Causing Consumer Satisfaction at Madani Hotel Medan City. Bulletin of Computer Science and Electrical Engineering, 3(2), 66-72.
Nanda, A. P., Pramono, D. E. H., & Hartati, S. (2020). Menentukan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Algoritma K-Means. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 11(1), 23-28.