Identifikasi Gangguan Jaringan Dengan Metode Certainty Factor Di PT.Telkom Malang Guna Peningkatan Pelayanan Customer
DOI:
https://doi.org/10.32664/j-intech.v9i01.547Kata Kunci:
Sistem Penunjang Keputusan, Certainty Factor, INDIHOME, PT. TelkomAbstrak
Telkom Malang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi dengan produknya yang bernama Internet Digital Home (INDIHOME). Aktifitas pemasangan hingga penanganan gangguan jaringan menjadi tanggung jawab PT. Telkom untuk mendapat good customer value. Tetapi fakta dilapangan jumlah gangguan yang meningkat membuat teknisi kewalahan mengerjakan work order dan berakibat antrian penanganan gangguan menjadi lama. Sementara penanganan gangguan terutama logic incident dapat dilakukan oleh pelanggan dengan bantuan pengembangan sistem informasi berupa sistem penunjang keputusan. Sistem penunjang keputusan penyelesaian gangguan jaringan Indihome dengan metode Certainty Factor sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan solusi menangani gangguan jaringan Indihome yang berdampak penurunan gangguan dan menguntungkan bagi PT Telkom. Sehingga PT Telkom dapat memonitoring gangguan dan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas produknya, serta guna peningkatan pelayanan customer.
Referensi
S. Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasianya), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
Arief Nugroho dan Choesnul Jaqin, “Peningkatan Performa Kinerja Pelayanan Industri Telekomunikasi,†Operation Excellence, vol. IX, no. 1, pp. 13 - 26, 2017.
Endang Lestari1, Emilya Ully Artha, “Sistem Pakar Dengan Metode Dempster,†Khazanah Informatika, vol. III, no. 1, pp. 16 - 24, 2017.
Hafshah, Addy Suyatno, Dyna Marisa Khairina, “Pendeteksi Gangguan Jaringan Lokal Menggunakan Metode Certainty Factor,†Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer , Vol. XIII, no. 2, pp. 60 - 64, 2018.
Inda Dwi Oktavianis, Mochammad Makmur, Abdul Wahid, “Upaya PT. Telkom dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada PT. Telkom Malang),†Jurnal Administrasi Publik, vol. I, no. 1, pp. 65 - 69.
Niko Fitrianto, Setyawan Wibisono, “Sistem Pakar Penanganan Gangguan Layanan Indihome Pada Pelanggan PT Telkom Indonesia Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Dengan Algoritma Similaritas Jaccard,†Prosiding SINTAK , pp. 472 - 479, 2018.