Analisis Kepuasaan Pengguna Aplikasi GRAB Sebagai Transportasi Online Dengan Metode TAM

Penulis

  • Melania Seindang Elan Sistem Informasi, Universitas Merdeka Malang, Indonesia
  • Ahmad Rofiqul Muslikh Sistem Informasi, Universitas Merdeka Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/j-intech.v12i02.1304

Kata Kunci:

Analisis Kepuasaan Pengguna, Aplikasi Grab, Technology Acceptance Model

Abstrak

Grab adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan transportasi berbasis digital yang terus meningkatkan mutu layanannya, grab menyajikan berbagai macam pilihan layanan ,mulai dari transportasi, pengiriman barang, hingga pengantaraan makanan. Permasalahan pada aplikasi Grab, seperti gangguan penggunaan, ketidakakuratan titik lokasi, dan orderan fiktif, berdampak pada kepuasan konsumen. Analisis aspek-aspek yang berdampak kepuasan ini diperlukan untuk menilai kinerja aplikasi dan tahap kepuasan konsumen. Sasaran dari observasi ini, untuk mengukur kepuasaan pengguna yang pada akhirnya dapat memberikan gambaran tentang kesuksesan implementasi sustu sistem berdasarkan persepsi pengguna menggunakan metode TAM. Metode penelitian ini menggunakan TAM , Penggunaan TAM pada riset ini dengan menggunakan 5 variabel pada tam diantaranya Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Behavioral Intention, Actual Use, dan Attitude Toward Using. Pada Hasil yang didapatkan dari riset ini berupa variabel independen berdampak kontribusi sebesar 74,8% terhadap kepuasaan pengguna, sementara sisanya sejumlah 25,2% berdampak dari variabel lain yang tidak ada dalam bentuk regresi linear ini. artinya variabel independen berpengaruh kontribusi sebesar 74,8% terhadap kepuasaan pengguna, sementara sisanya berjumlah 25,2% berdampak dari variabel lain yang tidak ada dalam bentuk regresi linear ini.

 

Referensi

Aditya, A., Kanthi, Y. A., & Aminah, S. (2022). Metodologi Penelitian Ilmiah dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fakhriyah, P. (2020). Pengaruh Layanan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Perluasan Lapangan Kerja bagi Masyarakat di Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 34. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3719

Fitriani, S. (2022). Kepuasan Kerja Driver Grab Kota Yogyakarta Terhadap Kualitas Pelayanan PT Grab Indonesia.

Junaidi, A., Rahman, A., & Yunita, Y. (2021). Prediksi Persediaan Bahan Baku untuk Produksi Percetakan Menggunakan Metode Asosiasi. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(1). https://doi.org/10.31294/p.v23i1.9597

Kusuma, A. P., Rahmat, M. F., & Rofiq, A. A. (2023). Analisis Pengujian Sistem Pengiriman Barang Menggunakan Black Box Testing. J-INTECH, 11(2), 287–293. https://doi.org/10.32664/j-intech.v11i2.999

Mardhiyah, N. S., Rusydi, M., & Azwari, P. C. (2021). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Mahasiswa di Kota Palembang. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 173–180. https://doi.org/10.15408/ess.v10i2.16455

Sahertian, G. J., Aditya, A., & Aminah, S. (2021). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Transportasi Online di Kalangan Pelajar Menggunakan Model UTAUT. Jurnal TEKNO KOMPAK, 15(2), 1–12.

Sanny, L., Larasathy, K., Claudia, R., & Widarman, B. (2019). The Customer Satisfaction of Online Transportation in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 012236. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012236

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Subowo, S. Kom., M. T. I , M. H. (2020). Pengaruh Prinsip Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi Ojek Online Xyz. Walisongo Journal of Information Technology, 2(2), 79. https://doi.org/10.21580/wjit.2020.2.2.6939

Tsalisa, R. A., Hadi, S. P., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 822–829. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35970

Widhianningrum, P. (2017). The Influence of Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Understanding Magnitude of Behavioral Accounting. Journal of Accounting and Business Education, 1(2), 191. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i2.8488

Yuniarto, D. (2017). Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Grab di Kabupaten Sumedang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-19