Analisis Kepuasan Pengguna Website SIAPEL Dalam Pelayanan KTP Elektronik Kota Malang Menggunakan Metode E-Govqual
DOI:
https://doi.org/10.32664/j-intech.v12i02.1299Kata Kunci:
E-Government, E-Govqual, E-KTP, SIAPELAbstrak
Penerapan e-government merupakan bentuk inovasi penyelenggaraan public yang berbasis teknologi informasi dan menanggapi hal tersebut, pemerintah Kota Malang meluncurkan website SIAPEL, yang menyediakan layanan public, termasuk layanan KTP Elektronik (E-KTP). Penyediaan layanan E-KTP melalui website SIAPEL dihadapkan pada berbagai rintangan seperti kurangnya penelitian secara formal untuk mengevaluasi kepuasan pengguna website tersebut. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian formal untuk mengevaluasi kepuasan pengguna, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna layanan E-KTP pada website SIAPEL. Penelitian ini menggunakan metode e-govqual dengan beberapa dimensi pengukuran seperti ease of use, trust, reliability, dan citizen support. Hasil penelitian membuktikan bahwa seluruh item pernyataan kuesioner valid, berdistribusi normal dan reliabel berdasarkan hasil uji validitas, uji normalitas, dan uji reliabilitas. Uji t membuktikan bahwa terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel ease of use, trust, dan reliability. Sedangkan, berdasarkan hasil uji regresi linear berganda dan uji f, seluruh variabel berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pengguna. Dari hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode e-govqual terbukti tepat dalam mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna dan seluruh variabel yang diteliti memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Referensi
Aditya, A., Kanthi, Y. A., & Aminah, S. (2022). Metodologi Penelitian Ilmiah dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi.
Agus Saputra, R., & Rachmadi, A. (2018). Penilaian Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan Dimensi E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat) (Vol. 2, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id
Azizah, N., Dewi, K., Fuadah, M., An, S., Disastra, N., Ramadhani, Z. A., Tria Nalita, Z., Psikologi, F., Islam, U., Sunan, N., & Djati Bandung, G. (2024). Pengaruh Religiusitas terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Gap Year The Effect of Religiosity on Resilience in Gap Year Students. JoPS: Journal of Psychology Students, 3(1), 46–53. https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.34447
Gunawan, A., Sartika, I., Maghfiroh, E., & Rokhmawati, R. I. (2022). Evaluasi Usability Situs Web Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (SIAPEL) Malang Kota menggunakan Metode Cognitive Walkthrough (Vol. 6, Issue 7). http://j-ptiik.ub.ac.id
Gustiary, M., & Idayani, D. (2020). Hubungan antara gaya belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1), 29–38.
Hastono, S. P. (2006). Analisis Data. Unuversitas Indonesia.
Irawan, D., Agustina, D., Febrianto, S., & Gede Roche Dian Novita, D. (2022). Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani Analisis Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Melalui Aplikasi e-Open di Kelurahan Bintarajaya Kota Bekasi. 9(2), 111–115. http://ojs.stiami.ac.id
Kanthi, Y. A., & Aminah, S. (2023). Evaluasi Faktor Keberhasilan dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Pengaduan Online Kota Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.26905/jtmi.v9i2.11036
Legong, G. M., & Jatmiko, A. R. (n.d.). Analisis Efektivitas E-Health Menggunakan Metode E-Govqual dan IPA Di Puskesmas Gading Kota Surabaya (Vol. 18, Issue 1). https://journal.fkom.uniku.ac.id/ilkom28TerakreditasiSINTA5
Muskita, M., & Andris, B. P. (2024). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Pola Konsumsi Berita . Jurnal BADATI, 6(1), 110–121.
Sahir, H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; Vol. 1). Penerbit KBM Indonesia.
Septa, F., & Umar, R. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Goverment Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 3(2), 127–135.
Setia Amalia, I., Risanti, C., Hadi Winata, R., & Kurniawan, H. (2021). Analisis Kualitas Layanan E-Government Menggunakan E-GovQual dan Importance Performance Analysis. https://wargaklampid-dispendukcapil.surabaya.go.id/
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,. Penerbit Alfabeta.
SYARIFUDDIN, & SAUDI, I. AL. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Menggunakan Spss (S. Al Saudi, Ed.). Bobby Digital Center .
Triastanti, R. K., & Hardianti, A. (2024). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Tipe Chronotype pada Remaja . INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 118–124.
Ulfa, maria, Musfikar, rahmat, Wahyuni, S., & Ahmadian, H. (2022). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. JINTECH: Journal of Information Technology, 3(2), 56–66.
Wibowo, A., Priyowidodo, G., & Yoanita, D. (2021). Self-disclosure dalam Komunikasi Interpersonal Pengguna Aplikasi Kencan Online untuk Mencari Pasangan Hidup. JURNAL E-KOMUNIKASI, 9(2), 1–8.
Yamsyah, Z., Suhaidar, & Anggita Wenni. (n.d.). Pengaruh Growth Opportunity Terhadap Cash Holding. Journal Of Social Science Research, 4, 5509–5518.