Perancangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Powtoon Di SMPN 2 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.32664/j-intech.v11i2.956Kata Kunci:
media pembelajaran, powtoon, informatikaAbstrak
Pembelajaran informatika di kelas VII di SMPN 2 Bukittinggi mengalamai kendala yaitu siswa merasa jenuh dan membuang waktu karena terlalu banyak menulis materi. sehingga diperlukan media pembelajaran seperti video pembelajaran. Video ini dikembangkan menggunakan powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dengan model pengembangan Planning, Production, Evaluation (PPE). Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran yang dibuat menggunakan powtoon dan diakses melalui platform linktree. Hasil uji produk menunjukkan bahwa Uji validitas yang melibatkan 5 ahli menghasilkan skor 0,80 dengan kategori "valid". Uji praktikalitas dengan melibatkan 3 responden menghasilkan skor 0,94 dengan kategori "sangat tinggi". Uji efektivitas dengan melibatkan 1 guru dan 28 peserta didik menghasilkan skor 0,86 dengan kategori "efektivitas tinggi". Hal ini menunjukkan bahwa produk video pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan powtoon dan disebarkan melalui linktree dinilai memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang tinggi dalam proses pembelajaran.
Referensi
M. Razi Alfarisy, R. Okra, K. Khairuddin, and S. Derta, “Perancangan Media Pembelajaran Ipa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Ampek Angkek Menggunakan Kodular,†JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 665–670, 2023.
S. M. Sari and N. N. Ganing, “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar,†J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 4, no. 2, pp. 288–298, 2021.
M. Zakir and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Berbasis Android Di SMK Elektronika Indonesia Bukittinggi,†J. Edukasi Elektro, vol. 4, no. 2, pp. 153–157, 2020.
A. Suryati, N. Nurmila, and C. Rahman, “Konsep Ilmu Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Surat Al-Mujadilah Ayat 11 Dan Surat Shaad Ayat 29,†Al Tadabbur J. Ilmu Alquran Dan Tafsir, vol. 04, no. 02, pp. 217–227, 2019,
R. Okra and Y. Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,†J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 121–134, 2019.
R. O. Safitri, L. Efriyanti, Supriadi, and R. Okra, “Hubungan Penggunaan Aplikasi Examview Dengan Kepraktisan Penilaian Hasil Belajar Di SMKN 4 Payakumbuh,†J. Multidisiplin Ilmu, vol. 1, no. 3, pp. 779–784, 2022.
N. P. M. D. Purnami, N. W. W. Sulianingsih, and N. P. E. Widyantari, “Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi,†J. sain dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 25–31, 2022.
A. Meianti, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung,†J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 06, no. 03, pp. 109–114, 2018.
E. F. Putri, “Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi,†J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 198–205, 2021.
M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,†Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020.
P. Sari, R. Okra, H. A. Musril, and S. Derta, “Perancangan Media Pembelajaran Animasi 3D Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Mtsn 6 Agam,†Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 13382–13391, 2023.
A. Rustandi, U. Haryaka, and E. Grasia, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Model PPE Pada Mata Pelajaran Pengenalan Nama Hewan di TK Negeri 10 Kota Samarinda,†J. Ilm. Jendela Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 148–157, 2022.
M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Apkilasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),†Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.
M. Haviz, “Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna,†Ta’dib, vol. 16, no. 1, pp. 28–43, 2013.
S. Afrianti and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,†J. Inform. Upgris, vol. 6, no. 2, pp. 22–27, 2021.
K. Kirany, Supriadi, S. Zakir, and H. A. Musril, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENERIMAAN SANTRI BARU (SIM-PSB) DI MA PLUS SUBULUSSALAM KAB. PADANG PARIAMAN,†Educ. Learn. J., vol. 2, no. 6, pp. 768–776, 2023.
C. E. Widyahening, “Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa,†J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 1, p. 11, 2018.