Inovasi Branding bagi Kampung Tembalangan Kota Malang melalui Media Komunikasi Visual

Authors

  • Mahendra Wibawa
  • Nira Radita Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang, Indonesia
  • Rahmat Kurniawan Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI)
  • Achmad Zakiy Ramadhan Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI)
  • Adita Ayu Kusumasari Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI)

DOI:

https://doi.org/10.32664/dharma.v1i1.893

Keywords:

Kampung Tembalangan, komponen branding, logo, typeface, maskot, film dokumenter

Abstract

Wilayah perkampungan saat ini telah bertransformasi menjadi ruang publik yang hangat dan ramah. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran akan lingkungan yang nyaman telah  meningkat dan membuka peluang untuk meningkatkan nilai ekonomis wilayah melalui event tahunan sebagai aktivasi branding. Kampung Tembalangan merupakan salah satu wilayah perkampungan di kota Malang yang memiliki frekuensi kegiatan kemasyarakatan yang cukup sering, seperti serta terlihat aktif menerapkan penataan wilayah secara swadaya dengan semangat gotong royong. Proses perancangan komponen branding dilakukan secara bertahap yang diintegrasikan dengan matakuliah serta Tugas Akhir mahasiswa dan telah menghasilkan 4 karya inovatif media komunikasi visual. Keempat media yang berfungsi sebagai komponen branding ini telah diserahkan kepada Kampung Tembalangan secara bertahap untuk selanjutnya diaktivasi melalui kegiatan branding.

Downloads

Published

2023-04-30