Analisis Kepuasan Pengguna Website PPDB Online Dengan Penerapan Metode Webqual 4.0 dan IPA (Studi SMK Negeri 1 Labuan Bajo)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Liliosa Indriani Andriyan Rizki Jatmiko

Abstrak

PPDB online adalah salah satu website layanan inovatif terpadu yang didesain oleh Provinsi NTT yang bekerja sama dengan TELKOM untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan proses seleksi dalam pelaksanaan PPDB (pendaftaran peserta didik baru), Yang tujuannya guna mempermudah calon peserta didik baru dan orang tua pada tahapan pendaftaran. Tentu banyak siswa yang mengalami kesulitan seperti kebingungan pendaftaran saat pertama kali memakai website PPDB karena terlalu banyak fitur yang ada di website tersebut. Dari permasalah tersebut riset berikut dijalankan guna memahami seberapa jauh penerimaan pengguna pada website PPDB online, harus dijalankan analisis kepuasan pengguna terhadap website tersebut. Oleh karena itu harus dijalankan analisis tentang apa saja faktor-faktor yang berdampak pada kualitas kepuasan penggunaanya. Tujuan penelitian ini guna menganalisis kualitas website PPDB online berdasarkan kepuasan pengguna menggunkan metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analisis (IPA). Webqual 4.0 ditetapkan sebagai alur untuk menyusun kuisioner dan Importance Performance Analisis (IPA) ditetapkan sebagai alat analisa berupa Gap Analysis dan kuadran kartesius. Riset ini memakai accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.575 siswa yang aktif SMK Negeri 1 Labuan Bajo dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 94 siswa SMK Negeri 1 Labuan Bajo kelas XI dari jurusan pengembangan perangkat lunak dan game dan teknik jaringan komputer dan telekomunikasi yang diukur memakai rumus slovin. Berdasarkan Hasil tingkat kesesuaian pada website PPDB Online pada variabel kegunaan 104,84%, pada variabel informasi sebesar 96,05%, pada variabel interaksi sebesar 103,09%. Hal tersebut menunjukan bahwa indikator pada kualitas informasi, kualitas aktual (performance) yang dirasakan pengguna belum sesuai dengan kualitas ideal (importance) yang diharapkan. Hasil tingkat kesenjangan atau gap pada website PPDB Online pada variabel kegunaan, informasi, interaksi, dan user satisfaction sebesar  0,014817 nilai gapnya positif 0 maka kualitas website tersebut memenuhi kebutuhan pengguna. Namun masih ada beberapa indikator yang ada pada kuadran importance performance analysis (IPA) belum memenuhi kepuasan pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
Aditya, A., Kanthi, Y. A., & Aminah, S. (2022). Metodologi Penelitian Ilmiah dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi.
Adiyansah, K., Septiadi, A. D., Krisbiantoro, D., & Informasi, S. (2020). Penerapan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) Untuk Evaluasi Kualitas Website Akademik. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, 14(2).
Anisyah, H., & Sutabri, T. (2023). Analisa kepuasan pengguna terhadap Aplikasi ThatQuiz dengan Metode WebQual 4.0. Smatika Jurnal, 13(01), 131–139. https://doi.org/10.32664/smatika.v13i01.763
Berlian, W., Hasna1, D., Kadek, I., & Nuryana2, D. (n.d.). Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). JEISBI, 02, 2021.
Berlian, W., Hasna1, D., Kadek, I., & Nuryana2, D. (2021). Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jeisbi, 02(04), 2021.
Ishaq, A., Sukendar, T., Saputro, M. I., & Sumbaryadi, A. (2021a). Analisis Pengaruh Kualitas Website Maxserver Menggunakan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Pada PT.MCS. Jurnal Teknologi Informasi, 7. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI
Ishaq, A., Sukendar, T., Saputro, M. ikhsan, & Sumbaryadi, A. (2021b). Analisis Pengaruh Kualitas Website Maxserver Pengguna Pada PT . MCS. 7(2), 110–115.
Jatmiko, A., & Legong, G. M. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Akses Informasi E-Health Menggunakan Metode E-GovQual. Jurnal Informatika Polinema, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.33795/jip.v10i1.1478
Leviana, R., & Rahmatullah, A. (2024). (IPA) Dalam Evaluasi Kualitas Website Komunitas Kumpulan Wargi Sukapura ( KWS ) Application of the Webqual 4 . 0 Method and Importance Performance Analysis ( IPA ) in Evaluation of the Quality of the Sukapura. 12(2), 17–26.
Pratama, A., Sefri Larasati, A., Wulansari, A., Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UPN, J., & Timur, J. (2021). Analisis Kualitas Website Sistem Langitan Umaha Dengan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3). http://journal-isi.org/index.php/isi
Ramadhani, P. K., & Wahyudin, W. (2024). Analisis Kualitas Layanan Website SILADU Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Komputer Antartika, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.70052/jka.v2i1.62