Desain UI/UX SIAKAD dengan Metode Design Thinking pada Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
SIAM adalah aplikasi sistem informasi akademik berbasis web pada Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng dengan tujuan memberikan informasi seputar akademik kepada mahasiswa. Saat ini SIAM memiliki permasalahan terkait jumlah pengunjung yang menurun. Hal ini dikarenakan tampilan dari SIAM ini kurang menarik dan kurang responsive pada tampilan mobile web. Sehingga tujuan perancangan dari sistem informasi ini agar dapat memberikan pelayanan dlam bentuk tampilan yang menarik agar pengguna sering mengakses. Pemecahan masalah dilakukan dengan merancang user interface/user experience yang dikhususkan untuk perangkat mobile dengan menggunakan metode Design Thinking. Pengujian dilakukan ke 36 mahasiswa pada Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng dengan usability testing menggunakan metode System Usability Scale. Hasil pengujian didapatkan bahwa prototype yang dirancang mendapatkan kategori sangat baik (Acceptable) yang artinya sistem dapat diterima dengan sangat baik dari segi user interface/ user experience sehingga prototype dapat mudah digunakan pertama kali pada tampilan mobile.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Saputra. Andreas B, Putri. Devita Maulina, “Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah di SMPK ST Ignatius Loyola Labuan Bajo,” SENASIF (Seminar Nasional Sistem Informasi), vol. 3, pp. 2094-2099, 2019.
Sholikhat. Iis, Rosyadi. Hudan Eka, Putri. Devita Maulina, “Rancang Bangun Website yang Berorientasi Video Sebagai Sarana Media Informasi Di SMK YP 17-2 Malang,” ILKOMNIKA (Journal of Computer Science and Applied Informatics), vol. 1, no. 1, pp. 15-23, 2019, doi: https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v1i1.12.
A. Maniek, A. Triayudi, and A. Rubhasy, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 6, no. 2, pp. 267–276, 2021, doi: 10.29100/jipi.v6i2.2026.
E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking,” Simp. Nas. RAPI XVIIII, pp. 364–370, 2019.
A. Naser, Syafwandi, and S. Ahdi, “Perancangan User Interface Dan User Experience Halaman Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang,” DEKAVE J. Desain Komun. Vis., vol. 8, no. 1, pp. i–23, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/100136
Wardana. Fadilah Candra. (2022). “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile”. JEISBI Vol. 03 No.04
Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2014). Practical Research: Planning and Design. Pearson.
J. Brooke, “SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale,” Usability Eval. Ind., pp. 207–212, 2020, doi: 10.1201/9781498710411-35.